SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading terus meningkatkan mutu pendidikan untuk memenuhi tuntunan perkembangan jaman yang semakin pesat untuk menghasilkan siswa-siswi yang siap menghadapi persaingan global yang semakin tak terbendung. Setelah berbagai konsep pendidikan diterapkan di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading mulai dari Sekolah Standar Nasional, Sekolah berbasis ICT, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, Sekolah Berbasis karakter Bertaraf Internasional, maka tahun ini SD Islam Alazka akan menerapkan Kurikulum Cambrigde. Untuk itu berbagai persiapan dilakukan oleh SD Islam Alazka, yang dimulai dengan penandatangan MoU dengan Cambridge University Press, Workshop, pelatihan dan tentu saja melakukan studi banding ke sekolah yang sudah menerapkan Cambridge University. Kali ini Kepala SD Islam Alazka mengadakan kunjungan ke Mac Dhin Chi School dan Pathway International School Vietnam yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 22 September sampai 24 september 2016. Kunjungan belajar ini diikuti 25 orang perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Jakarta, Bandung dan Medan yang sudah menerapkan kurikulum Cambridge.

Hari pertama peserta dari SD Alazka berangkat dari Jakarta dan tiba di Vietnam sore hari pukul 17.30 waktu setempat. Rombongan langsung naik perahu pesiar untuk menikmati suasana malam hari kota Ho Chi Minh di atas sungai Yang. Tepat pukul 20.00 acara makan malam dilanjutkan dengan silaturahim dan perkenalan dengan peserta lainnya, masih diatas perahu.

Hari kedua diisi dengan kegiatan kunjungan ke Mac Dhin Chi School. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi kelas dan lapangan, diskusi dengan principal, guru dan siswa dari Mac Dhin Chi School. Pukul 11.00 siang peserta juga melakukan kunjungan ke Museum Perang. Di museum ini banyak menceritakan perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan setelah hampir 1000 tahun dijajah Amerika dan Perancis. Setelah makan siang peserta melanjutkan kunjungan lagi, kali ini ke Pathway International School. Di Pathway International School disambut langsung oleh Principal dan siswa-siswi dengan menampilkan paduan suara. Selama di Pathway lebih banyak diisi dengan kegiatan diskusi mengenai nilai-nilai sekolah tersebut, observasi kelas dan lapangan. Pukul 17.00 selesai sudah seluruh rangkaian kunjungan belajar. Sebelum kembali ke hotel peserta mampir ke Pasar Tan Beng. Pasar ini menjual berbagai souvernir khas Vietnam sebagai oleh-oleh untuk wisatawan yang berkunjung ke Vietnam. Setelah makan malam, peserta masih melanjutkan jalan-jalan di sekitar kota Ho Chin Minh sebelum besok kembali pulang ke Indonesia.

Tanggal 23 September pagi, seluruh peserta kunjungan belajar langsung check out dari hotel kembali ke Indonesia untuk segera mengadopsi dan mengembangkan ilmu yang sudah didapat. SD Islam Alazka sebagai sekolah yang selalu melakukan inovasi juga akan menerapkan program-program unggulan yang disesuaikan dengan kultur Indonesia dan agama Islam tentunya.