Jadwal Sholat Untuk Jakarta dan Sekitarnya : Dhuha 06:22, Dzuhur 12:08, Ashar 15:20, Maghrib 18:15, Isya 19:24, Subuh 04:42, Imsak 04:32, Terbit 05:56.

Berita

← Kembali

Catatan Perjalanan Kunjungan Belajar Kelas 5

Kamis, 12 Desember, 2019 - Alazhar - Aktivitas

Catatan Perjalanan Kunjungan Belajar Kelas 5

Penilaian Tengah Semester sudah terlewati, hasil belajar juga sudah dievaluasi. Siswa-siswi kelas 5 SD Islam Alazka melakukan kunjungan belajar pada tanggal 16 Oktober 2019, beberapa hari setelah penerimaan hasil penilaian tengah semester. Ada dua lokasi kunjungan belajar, yaitu Kapal Perang Republik Indonesia di Jakarta Utara dan Museum Satria Mandala di Jakarta Selatan.

 

Rombongan kunjungan belajar yang terdiri dari 105 siswa kelas 5, serta beberapa guru dan karyawan berangkat dari sekolah sekitar pukul 07.30 wib. Lokasi pertama adalah KRI Usman Harun dan KRI Bung Tomo yang terletak di Komplek Satuan Armada Pondok Dayung. Rombongan dibagi menjadi 4 kelompok untuk masuk ke dalam kapal perang. Tiap kelompok didampingi oleh seorang kolonel yang berkenan menjelaskan informasi terkait kapal perang dan menceritakan pengalaman yang pernah dilakukan bersama dengan kapal perang tersebut.

 

Setelah 2 jam mendapatkan dan mencatat informasi yang diberikan serta berfoto bersama dengan kolonel yang bertugas, rombongan menuju lokasi kedua yaitu, Museum Satria Mandala. Sesampainya di Museum Satria Mandala, rombongan kunjungan belajar menyantap makan siang bersama di teras museum. Usai makan siang, siswa-siswi dan guru-guru melaksanakan sholat berjamaah.

 

Siswa-siswi peserta kunjungan belajar kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok didampingi oleh seorang pemandu. Siswa-siswi diajak menelusuri ruang-ruang yang berisi sejarah penting di dalam museum. Ada ruang khusus bagi 4 jendral besar, ruang koleksi senjata dan ruang diorama. Ada juga koleksi pesawat dan kendaraan lapis baja yang disimpan di luar museum yang sangat menarik bagi siswa.

 

Kegiatan kunjungan belajar kelas 5 berakhir pukul 14.30 wib dan rombongan menuju ke sekolah. Perjalanan sangat menyenangkan dan seru bagi siswa, sehingga meskipun letih menulis dan berjalan di bawah cuaca yang cerah, para siswa sangat menikmati perjalanan ini.

 

TAGS :